TUGAS SATU (1)
PERILAKU
KONSUMEN
Perilaku
konsumen adalah
proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan. Secara
sederhana, perilaku konsumen adalah
suatu tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, menggunakan (memakai,
mengkonsumsi) dan menghabiskan produk (barang dan jasa) termasuk proses
mendahului dan mengikuti tindakan ini. Contohnya Tono setelah melihat pameran batu
cincin, merasa tertarik dan percaya bahwa batu cincin tersebut sangat bagus,
merasa menyenangi, kemudian memutuskan untuk membeli, menggunakannya. Setelah 2
tahun menjadi bosan kemudian menukarnya dengan batu cincin yang baru atau
menjualnya.
TUJUAN MEMPELAJARI PERILAKU KONSUMEN
Dalam pasar yang semakin intensif
tingkat persaingannya, tuntutan konsumen yang semakin tinggi dan sangat ingin
diperlakukan secara khusus, pemahaman akan konsumen begitu tinggi. Untuk itu
sangatlah dibutuhkan pengetahuan tentang perilaku konsumen demi memuaskan
konsumen dan memenangkan persaingan.
· Pemahaman terhadap
perilaku konsumen sangat bermanfaat untuk kepentingan penyusunan strategi dan
bauran pemasaran. Melalui pemahaman terhadap psikografis konsumen dan juga
perilaku penggunaan, pemasar dapat melakukan segmentasi berdasarkan variabel
tersebut. Berdasarkan sikap konsumen, pemasar dapat menyusun strategi promosi,
khususnya iklan secara tepat.
· Manfaat mempelajari
perilaku konsumen bagi perusahaan adalah memungkinkan perusahaan memahami
dengan tepat kebutuhan dan keinginan pelanggannya sehingga dapat membantunya
untuk memuaskan pelanggan, menerapkan konsep pemasaran dan memperluas
legitimasi ke masyarakat (Sheth & Mittal, 2004).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar